Membangung Brand Dengan Modal Kecil

Saat pertama kali memulai bisnis apapun, banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan baik mulai dari nama perusahaan, target market, pemasaran, pegewai, cashflow dan masih banyak yang lainnya termasuk juga yang tidak kalah penting adalah membangun brand. Membangun brand bisa sangat mahal dan membutuhkan investasi besar namun anda bisa mencoba berbagai alternatif lain untuk membangun brand dengan modal kecil.

Customer service

Customer service merupakan hal yang penting dalam membangun sebuah brand perusahaan. Yang mana dengan brand yang baik dapat dilihat dari kualitas customer servicenya (intangible). Tidak peduli sebagus apapun produknya, namun tanpa pelayanan dari customer service maka konsumen akan kecewa dan mungkin akan beralih kepada brand lainnya yang memiliki customer service yang baik.Dengan adanya customer service yang kurang baik akan mempengaruhi brand tersebut. Sebab customer service merupakan bagian dari membangun sebuah brand perusahaan.

Think Outside the Box

Banyak para pengusaha yang membangun usaha mereka dengan melakukan campaign out of the box yang akhirnya membuat perusahaan mereka terkenal. Seperti halnya Joko Widodo yang sekarang menjadi Gubernur DKI, yang melakukan proses personal branding dirinya dengan cara out of the box yaitu dimana yang lainnya melakukan kampanye yang biasa banyak dilakukan oleh kebanyakan calon, namun Jokowi berbeda dengan melakukan membagi kaos kotak-kotak . Dan hasilnya dia pun memenangkan pemilihan gubernur tersebut.

Collaborate/Bekerja Sama

Kerja sama jauh lebih menghasilkan daripada dikerjakan sendiri. Anda bisa mencari partner serta membentuk kerja sama untuk membangun brand. Seperti yang dilakukan oleh beberapa merk terkenal yaitu Smaartfren (Smart + Fren), Processor Intel dalam hampir semua mainboard computer, dan masih banyak yang lainnya. Yang mana dengan collaborasi tersebut maka akan memperkuat image brand perusahaan dan akan lebih mempermudah merk kita menjadi lebih dipercaya dikarenakan bekerja sama dengen brand lainnya yang sudah diakui keberadaannya.

Innovate the Innovators

Dalam setiap industri selalu berawal dari para leader dan influencer yang membuat sebuah trend kemudian akhirnya berkembang di masyarakat. Para inovator ini menggunakan strategi word of mouth marketing secara sosial, personal dan juga profesional untuk membuka jalan dan membangun sebuah brand. Anda membutuhkan para influencer untuk menaikkan rating brand anda sehingga akhirnya bisa dikenal oleh masyarakat. Dan apa yang telah mereka usahakan akan diikuti oleh orang lainnya.

Be Elusive and Exclusive

Menjadi berbeda merupakan strategi pemasaran yang baik untuk membangun sebuah brand, bahkan memang sangat dianjurkan. Jika produk atau brand anda tidak pasaran maka kemungkinan besar anda mampu menarik perhatian target audience. Tak hanya sesuatu yang ekslusif yang mampu menarik perhatian customer namun juga sesuatu yang misterius. Dengan menajadi berbeda dengan yang lainnya, maka itu akan menjadi alat jual yang bagus. Sebab untuk memenangkan persaingan bisnis kita memang harus memiliki differensiasi yang jelas terutama dibandingkan dengan pesaing kita.

Use Your Resources

Gunakan resource anda sebaik mungkin. Walaupun setiap orang memiliki main job mereka masing-masing namun setiap orang juga memiliki skill tersendiri yang bisa digunakan untuk strategi marketing. Gunakan karyawan anda sebaik mungkin untuk membangun brand anda. tanpa diduga dengan sebuah kreaktivitas mereka akan mampu mengembangkan diri dan akhirnya turut berpartisipasi dalam membangun brand. Seperti halnya mc donald yang sebenarnya menjual properti, namun kebanyakan orang menganggap mereka menjual makanan.

×
Hi, ada yang bisa dibantu?