Banyak usaha kecil dan menengah yang  bingung dengan istilah brand. Kebanyakan mereka berfikiran bahwa hanya perusahaan besar yang memerkukan sebuah brand. Sedangkan mereka beranggapan bahwa perusahaan mereka nasih kecil dan belum waktunya melakukan branding (proses membangun brand). Namun sebenarnya usaha kecil maupun menengah sangat perlu untuk membangun brand mereka. Bahkan brand memang harus dibangun sejak perusahaan masih kecil. Sehingga dengan melakukan branding maka akan membantu mereka untuk menjadi lebih besar. Atau bisa dikatakan branding merupakan salah satu cara untuk membuat besar perusahaan bahkan bisa lebih cepat dan signifikan. Dengan membangun brand tersebut maka mereka akan lebih dikenal oleh masyarakat secara luas. Brand bukan hanya menciptakan tagline dan logo, namun jauh lebih luas dari itu semua. Brand merupakan kunci utama untuk pembelian karena orang lebih loyal kepada brand.  Brand yang kuat saat ini haruslah unik dan mudah diingat.  Brand yang kuat tidak perlu berusaha lebih dalam bekerja dikarenakan mereka sudah memenangkan kompetisi terhadap target market mereka.

Lihat saja brand yang sudah ternama dan terkenal, mereka akan selalu memiliki ruang tersendiri di benak konsumennya. Mereka akan selalu percaya dan loyal terhadap apa yang diberikan. Bahkan mereka bisa menjadi bagian dalam membangun perusahaan agar lebih dikenal oleh masyarakat. Itulah kehebatan sebuah brand bagi perusahaan.

Dalam membangun sebuah brand tidak bisa dilakukan oleh beberapa bagian dari perusahaan. Seluruh bagian dari perusahaan juga harus ikut membangunnya. Mulai dari karyawan dengan jabatan paling bawah hingga paling atas maupun owner. Bahkan juga oleh perusahaan secara fisik itu sendiri. Dan yang tidak kalah penting adalah branding perlu dilakukan oleh mereka yang benar-benar tahu tentang cara membangun brand. Banyak sekali brand agency yang menawarkan branding. Ada yang kelas internasional, multinasional, atau bahkan kelas lokal. Mereka memiliki kelebihand an kekurangan masing-masing. Jadi perusahaan harus mampu memilih mana brand agency yang sesuai dengan perusahaan mereka.